10 Kondisi yang Memicu Seseorang Sering Lapar

Posted on
Loading...

10 Kondisi yang Memicu Seseorang Sering Lapar

mudah-lapar-doktersehat

DokterSehat.Com – Lapar adalah kondisi yang wajar dan pasti dialami oleh semua orang. Kalau tubuh kehabisan energi, kita akan merasa lapar dan akhirnya makan hingga kenyang. Selanjutnya rasa lapar akan hilang selama beberapa jam dan muncul lagi 5-6 jam kemudian.

Loading...

Pemicu Lapar Berlebihan Meski Sudah Makan

Kalau Anda mengalami lapar lagi setelah 5-6 jam, tidak terjadi masalah pada tubuh. Namun, kalau setelah makan dan dalam waktu sejam atau bahkan kurang dari itu terjadi lapar lagi, kemungkinan besar sedang terjadi masalah pada tubuh.

Lapar yang berlebihan dan membuat Anda sulit mengendalikan apa yang masuk ke dalam tubuh bisa memicu obesitas. Kondisi ini bisa menyebabkan cukup banyak masalah salah satunya obesitas. Berikut beberapa pemicu lapar berlebihan.

  1. Tidak Tidur dengan Cukup

Tidur dengan cukup akan menekan hormon yang memicu rasa lapar berlebihan. Sebaliknya kalau Anda sulit sekali tidur dengan nyenyak, hormon yang memicu rasa lapar berlebihan akan muncul dan Anda semakin sulit untuk menahannya.

Rasa lapar akibat tidur yang kurang umumnya akan hilang sendiri seiring dengan berjalannya waktu. Yang dibutuhkan adalah mengembalikan kualitas tidur setiap harinya. Seseorang membutuhkan sekitar 7-9 jam untuk tidur setiap hari.

  1. Kebutuhan Protein Tidak Tercukupi

Tubuh membutuhkan makronutrien dengan jumlah yang cukup. Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan itu adalah protein. Tanpa protein, tubuh tidak akan mendapatkan cukup banyak energi dan memberikan rasa kenyang yang lama.

Protein juga membantu seseorang dalam membentuk otot dan mencegah terjadinya penyusutan. Anda bisa mencukupi kebutuhan protein setiap harinya dengan mengonsumsi ayam, daging sapi, telur, dan protein nabati seperti tempe.

  1. Banyak Mengonsumsi Karbohidrat Sederhana

Tubuh memang membutuhkan karbohidrat untuk mendapatkan suplai energi yang besar. Namun, jenis karbohidrat yang dimakan haruslah tepat dan bervariasi. Kalau hanya makan nasi saja atau minum air yang manis, tubuh akan cepat lapar.

Apalagi karbohidrat sederhana mudah sekali menaikkan gula darah lalu menurunkannya dengan cepat. Konsumsi karbohidrat yang beragam mulai yang sederhana hingga kompleks seperti aneka ubi, oat, hingga beras merah.

  1. Tidak Minum Cukup Air

Pernahkah Anda mendadak lapar dan setelah minum segelas air, rasa laparnya langsung hilang begitu saja? Lapar yang muncul pada tubuh kadang tidak hanya disebabkan oleh kurangnya asupan nutrisi atau habisnya energi yang dimiliki.

Terkadang kalau Anda mengalami dehidrasi, rasa laparnya akan muncul dengan sendirinya. Rasa lapar ini adalah efek kurangnya air di dalam tubuh. Sebisa mungkin untuk mencukupi kebutuhan air setiap harinya sebanyak 6-8 gelas.

  1. Asupan Lemak Sangat Rendah

Lemak sering dianggap sebagai salah satu biang kerok yang memicu kegemukan. Padahal tidak demikian, tubuh tetap membutuhkan lemak dengan jumlah tertentu. Asal tidak berlebihan tidak akan memicu terjadinya obesitas.

Karena jumlah energi yang diberikan oleh lemak dua kali lebih besar dari protein, kita harus tetap mengonsumsinya setiap hari. Kalau sampai dibatasi atau tidak ada sama sekali, Anda akan mudah sekali lemas dan lapar.

  1. Sedang Menstruasi

Wanita yang sedang menstruasi akan mengalami gangguan pada hormonnya. Akibat perubahan ini nafsu makan akan semakin besar. Bahkan meski sudah makan, wanita akan sering merasa lapar.

Kalau Anda sering mengalami ini saat menstruasi, sebisa mungkin batasi makanan yang masuk. Konsumsi makanan dalam jumlah sedikit tapi frekuensinya banyak untuk menyiasati keinginan makan berlebihan.

  1. Mengalami Diabetes

Seseorang yang mengalami diabetes akan mudah sekali mengalami lapar. Apalagi kalau gula darah yang ada di dalam tubuh mengalami penurunan yang signifikan. Perhatikan asupan makan setiap hari untuk mencegah kondisi lapar berlebihan.

  1. Asupan Serat Sangat Minim

Serat juga sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kalau seseorang jarang sekali mengonsumsi makanan berserat mereka akan mudah sekali lapar. Selain itu kemungkinan mengalami sembelit juga akan besar.

Serat yang dikonsumsi bisa berasal dari buah dan juga sayuran. Setelah makan yang berserat, rasa kenyang yang Anda miliki akan bertahan lama serta kesehatan dari sistem pencernaan meningkat.

  1. Olahraga Terlalu Berlebihan

Energi yang dimiliki tubuh akan habis dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu. Bahkan, hanya dengan tidur dan kerja ringan saja energi bisa habis. Kalau Anda melakukan olahraga atau aktivitas fisik berlebihan, habisnya energi akan lebih cepat.

Itulah kenapa saat sedang melakukan olahraga secara intens kita jadi mudah sekali lapar. Bahkan, meski sudah makan sekalipun dalam hitungan jam saja sudah lapar lagu dan membutuhkan asupan makanan agar rasa laparnya bisa hilang.

  1. Tidak Mengonsumsi Makanan Padat

Dengan jumlah atau total kalori yang sama, mengonsumsi segelas susu dengan sepiring nasi tentu memberikan efek yang berbeda. Kalau Anda makan nasi, kemungkinan besar akan kenyang jauh lebih lama dibandingkan susu.

Itulah kenapa kalau Anda banyak makan susu atau makan dan suplemen makanan bentuk cair cenderung mudah lapar. Dampaknya, meski kebutuhan kalori harian sudah terpenuhi, tubuh seperti merasa belum puas dan kenyang.

Demikianlah beberapa ulasan tentang kondisi yang membuat seseorang mengalami lapar berlebihan padahal sudah makan. Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan dan menghentikan lapar berlebihan yang mengganggu.

 

 

Sumber:

  1. Elliott, Brianna. 2019. 14 Reasons Why You’re Always Hungry. https://www.healthline.com/nutrition/14-reasons-always-hungry. (Diakses pada 9 Oktober 2019).
  2. Web MD. Why Am I Always Hungry?. https://www.webmd.com/diet/reasons-always-hungry. (Diakses pada 9 Oktober 2019).
  3. Berry, Jennifer. 2019. 17 reasons for always feeling hungry. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324523.php. (Diakses pada 9 Oktober 2019).
  4. Laliberte, Marissa. 2019. 10 Medical Reasons You’re Hungry All The Time. https://www.thehealthy.com/nutrition/always-hungry-medical-reasons/. (Diakses pada 9 Oktober 2019).

 

sumber

Loading...