10 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bikin Awet Muda

Posted on
Loading...

10 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bikin Awet Muda

Masyarakat Indonesia tentu tak asing lagi dengan bengkoang. Jenis umbi-umbian tersebut kerap dijadikan menu di rujak, jus, salad dan asinan buah.

Loading...

Tak hanya di Indonesia, bengkoang juga terkenal di berbagai belahan dunia. Bahkan bengkoang banyak digunakan sebagai bahan pokok dalam produk kecantikan seperti sabun, lotion, lulur, hingga masker.

Bengkoang memiliki banyak manfaat bagi kecantikan. Manfaat bengkoang untuk kecantikan memang tak perlu diragukan lagi. Bahkan umbi ini juga memberikan khasiat lebih bagi kesehatan tubuh.

Tumbuhan yang berasal dari Amerika Selatan tersebut merupakan tanaman tahunan dan dapat tumbuh mencapai 4-5 meter panjangnya, sedangkan akarnya bisa mencapai 2 meter. Batang pohon bengkoang menjalar dan membelit, dengan rambut-rambut halus yang menjalar ke bawah.

Menurut hasil sebuah studi dalam Sciencedirect, bengkoang memiliki nama latin Pachyrhizus erosus. Umbi-umbian tersebut memiliki gizi penting antara lain mineral, fitonutrien, dan senyawa organik lainnya.

Bengkoang juga mengandung serat makanan, vitamin C, vitamin E, asam folat, vitamin B6, asam pantotenat, kalium, magnesium, mangan, tembaga, zat besi, dan sejumlah kecil protein nabati. Semua kandungan tersebut tentu sangat diperlukan oleh tubuh.

Berikut adalah manfaat bengkoang bagi kesehatan dan kecantikan, yang telah dirangkum Bola.com dari berbagai sumber, Selasa (3/11/2019).

1. Melancarkan Pencernaan

Bengkoang mengandung serat makanan cukup tinggi. Pada dasarnya, semua makanan yang mengandung serat sangat baik untuk membantu proses pencernaan tubuh. Kandungan serat tersebut berdampak baik untuk mengatasi sembelit, perut kembung, diare, hingga gangguan pencernaan lainnya.

Bagi Anda mengalami siklus buang air besar (BAB) yang tidak rutin, maka rajinlah konsumsi bengkoang. Selain serat, kandungan mineral pada bengkoang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

2. Menjaga Kekuatan dan Kepadatan Tulang

Tulang merupakan satu di antara organ tubuh yang sangat penting, sehingga harus dijaga kesehatannya. Apabila tulang mulai lemah dan kropos, maka bisa berdampak buruk bagi kehidupan.

Anda bisa menjaga kekuatan dan kepadatan dan kekuatan tulang. Senyawa mineral dalam bengkoang meliputi magnesium, zat tembaga, dan zat besi. Kandungan ini tak hanya berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang tubuh, melainkan juga bermanfaat untuk menyembuhkan dan memicu pertumbuhan tulang baru yang rusak.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Bengkoang memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kadar LDL yang sangat berkaitan dengan penyakit jantung. Anda bisa mengonsumsi bengkoang mentah atau diolah menjadi jus untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

Kandungan air dan serat dalam bengkuang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain serat dan kadar mineral yang tinggi, kandungan vitamin C dalam bengkoang juga berfungsi sebagai antioksidan juga dapat membantu dalam proses penurunan kadar kolesterol dalam darah.

4. Mengatasi Darah Tinggi

Bengkoang mengandung kalium cukup tinggi untuk membantu mengontrol tekanan darah. Senyawa kalium merupakan vasodilator yang akan berfungsi dalam mengurangi ketegangan pada pembuluh darah sehingga bermanfaat untuk menurunkan stres pada sistem kardiovaskular.

Dengan begitu, bengkoang dapat mengatasi tekanan darah tinggi dan mencegah stroke.

5. Melancarkan Sirkulasi Darah

Kandungan tembaga dan zat besi yang ada dalam bengkoang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem peredaran darah. Senyawa tersebut merupakan elemen penting bagi sel darah merah.

Dengan adanya elemen-elemen tersebut, maka dapat melancarkan oksigen tersebar ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah yang lancar.

6. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Semua orang tentu ingin memiliki otak cerdas dan kemampuan kognitif mengesankan. Anda bisa mewujudkannya dengan mengonsumsi buah bengkoang secara rutin. Manfaat kni dilarenakan adanya kandungan vitamin B6 pada bengkoang yang dipercaya mampu mengembangkan kemampuan kognitif dan fungsi otak lainnya.

7. Mencegah Penyakit

Manfaat bengkoang selanjutnya adalah meningkatkan sistem imunitas tubuh, sehingga dapat dapat mencegah berbagai penyakit. Bengkoang mengandung vitamin C cukup tinggi.

Vitamin C dalam tubuh berperan penting dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika kekebalan tubuh meningkat, maka Anda tidak akan mudah terserang bakteri, virus, ataupun jamur yang dapat menyebabkan penyakit.

Kandungan vitamin C dalam bengkoang juga merupakan zat antioksidan alami yang mampu memerangi radikal bebas hasil polusi. Faktanya, radikal bebas dapat menyebabkan bahaya kesehatan yang mengkhawatirkan.

8. Mengatasi Diabetes dan Turunkan Berat Badan

Pasien diabetes biasanya akan dianjurkan oleh dokter untuk mengonsumsi bengkoang. Umbi tersebut dapat mengontrol gula dalam darah. Bengkoang memang memiliki rasa segar tanpa asam atau manis seperti buah-buahan pada umumnya.

Namun justru di balik rasanya, bengkoang mengandung gula cukup rendah, sehingga daat menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, bengkoang juga mengandung rendah kalori dan serat yang tinggi guna membantu seseorang untuk menurunkan berat badan.

Manfaat Bengkoang untuk Kecantikan

9. Mencerahkan Kulit

Manfaat bengkoang untuk mencerahkan dan mempercantik kulit tak perlu diragukan lagi. Banyak produk kecantikan yang berbahan utama sari bengkoang. Bengkoang memiliki kandungan vitamin C-nya yang tinggi, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Kandungan Vitamin C ditemukan dalam lapisan luar (epidermis) dan dalam (dermis) kulit Anda. Nutrisi ini berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu memproduksi kolagen agar kulit tetap sehat dan cerah secara alami.

Anda bisa membuat masker bengkoang alami untuk menutrisi kulit dari luar. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi bengkoang untuk menyehatkan kulit dari dalam.

10. Bikin Awet Muda

Awet muda merupakan dambaan sebagian besar orang. Selain menggunakan perawatan kimiawi, Anda akan lebih baik menggunakan bengkoang untuk merawat kulit secara alami dan aman.

Vitamin C dalam bengkoang dapat menghilangkan tanda-tanda penuaan karena berperan dalam sintesis kolagen dalam tubuh. Kandungan ini juga dapat membantu memperbaiki dan mencegah kulit kering, serta melindungi kulit dari radikal bebas dan dampak buruk sinar matahari.

Source link

Loading...