3 Tips Sukses Kencan Pertama Melalui Online Dating

Posted on
Loading...

3 Tips Sukses Kencan Pertama Melalui Online Dating

Bagi Anda yang sudah sering menjalani kencan lewat online dating pasti tahu bahwa kencan pertama itu penting. Kencan pertama adalah salah satu kunci penentu, apakah Anda dan calon pasangan bisa bertemu lagi dan melanjutkan hubungan ini.

Loading...

Kencan dengan orang yang tidak pernah Anda temui sebelumnya di dunia nyata, tentu banyak tantangannya. Untuk memudahkan proses itu, ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda agar kencan pertama dari online dating bisa berhasil. 

Tips kencan pertama yang ditemui dari online dating

BAB saat kencan pertama

Menurut sebuah artikel dari Stanford University, orang yang bertemu calon pasangan melalui aplikasi daring mengalami peningkatan yang cukup drastis, terutama tahun 2009. Cara ini adalah cara menemui orang asing yang populer selain diperkenalkan oleh teman sendiri atau bertemu di suatu acara. 

Tidak jarang pertemuan melalui internet tersebut bisa berlanjut pada jenjang selanjutnya, yaitu berkencan, bertunangan, hingga menikah. Akan tetapi, tidak sedikit pula yang tidak melanjutkan hubungan yang berawal dari media daring ini ke tingkat selanjutnya. 

Biasanya, orang yang melanjutkan hubungan ini cenderung memiliki kesamaan dengan teman kencannya. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa kencan pertama dari online dating ini juga menemui kegagalan. 

Jika Anda benar-benar menyukai calon pasangan daring dan ingin kencan ini sukses, ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan untuk meningkatkan kesuksesan tersebut, seperti:

1. Mencari orang yang memiliki banyak kesamaan

kencan pertama

Salah satu tips yang perlu Anda ketahui agar kencan pertama melalui online dating bisa berhasil adalah menemukan orang yang memiliki kesamaan yang mirip. 

Menurut sebuah penelitian dari West Virginia University, sebagian besar pelaku kencan daring yang lanjut ke kencan pertama kecewa. Hal tersebut dikarenakan ketika ditemui di dunia nyata, ada beberapa orang yang mungkin tidak seasyik di dunia maya. 

Keasyikan tersebut ternyata bisa memengaruhi kesamaan yang dirasakan dan diungkapkan. Akibatnya, ketika Anda berdua sulit menemukan kemiripan, akan sulit melanjutkan obrolan di kencan tersebut. Terlebih lagi, karena Anda berdua baru saja bertemu dan masih jaga image

Maka itu, mempunyai kemiripan dengan calon pasangan Anda, setidaknya minimal satu bisa membangun suasana kencan yang tidak membosankan. 

Misalnya, Anda dan teman kencan Anda hobi fotografi. Tentu topik obrolannya akan lebih lama dan memperluas topik tersebut ke arah lainnya. 

2. Mempunyai kualitas komunikasi yang baik

tips kencan untuk pria pemalu

Setelah menemukan kemiripan di antara Anda berdua, mempunyai kualitas komunikasi yang baik adalah salah satu cara agar kencan pertama melalui online dating Anda berhasil.

Semakin banyak seseorang tahu, umumnya hal tersebut membuat kualitas komunikasi antara satu dengan orang lainnya semakin baik. 

Dengan begitu, Anda dan teman kencan mengurangi ketidakpastian di antara Anda berdua, sehingga tingkat keberhasilan untuk lanjut ke kencan kedua semakin besar. 

Anda mungkin bisa tidak terlalu serius ataupun terlalu banyak bercanda. Cobalah untuk menjadi diri sendiri, seperti bagaimana Anda bersikap seperti biasanya. 

Perlihatkan bahasa tubuh yang positif, seperti menatap matanya ketika teman kencan berbicara dan tersenyum. Jika Anda benar-benar menyukai orang ini, mungkin bahasa tubuh yang seperti ini secara tidak sadar akan Anda lakukan. 

3. Jangan malu untuk bertanya

kopi darat teman kencan

Terakhir, agar kencan pertama melalui online dating ini bisa berlanjut ke tingkatan yang selanjutnya, jangan pernah malu untuk bertanya. 

Memiliki kemiripan sebenarnya tidak pernah cukup, harus selalu ada chemistry dalam sebuah pertemuan. Hal ini bertujuan agar Anda atau teman kencan Anda bisa menyadari bahwa kencan ini bisa berlanjut. 

Misalnya, kencan pertama tentu tidak bisa berbicara tentang cuaca saja. Menjaga topik tetap menyenangkan memang penting, tetapi bukan berarti Anda membuat kencan ini membosankan. 

Terlebih lagi jika teman kencan Anda adalah orang yang tidak pandai membuka obrolan. Cobalah untuk menanyakan sesuatu yang cukup positif, seperti hal yang membuatnya bahagia, hobi, atau apa yang mereka sukai dari pekerjaan atau sekolah mereka. 

Setelah mengajukan pertanyaan, dengarkan dia saat bercerita. Dengan begitu, mereka mengetahui bahwa Anda memperhatikan dan tertarik pada ucapan mereka. 

Jika kencan pertama dengan teman online dating Anda tidak berhasil, anggaplah Anda mendapatkan pengalaman atau koneksi baru. Setidaknya, pemikiran tersebut tidak membuat Anda terlalu kecewa dengan hasilnya.

Baca Juga:

sumber

Loading...