5 Cara Memasak Scallop (Kerang Kampak) yang Sehat dan Benar

Posted on
Loading...

5 Cara Memasak Scallop (Kerang Kampak) yang Sehat dan Benar

Scallop atau kerang kampak masuk dalam jajaran seafood yang memiliki banyak penggemar. Selain enak, makanan laut ini juga mengandung banyak nutrisi. Mulai dari mendukung fungsi saraf hingga menjaga kesehatan jantung. Agar nutrisi scallop tetap terjaga, cara memasak yang Anda lakukan pun perlu diperhatikan. Lantas, bagaimana cara sehat memasak kerang kampak?

Loading...

Cara memasak scallop yang benar dan sehat

Scallop menyediakan berbagai nutrisi bermanfaat bagi tubuh. Namun, belum tentu semua nutrisi dari jenis kerang ini dapat maksimal.

Banyaknya nutrisi bergantung dengan kondisi dan bagaimana cara Anda memasak scallop. Jangan khawatir, Anda bisa mengikuti beberapa tips memasak kerang kampak berikut ini.

1. Pilih scallop yang masih segar

Sumber: References

Sebelum mempelajari cara memasak kerang kampak dengan benar, Anda harus memahami lebih dulu cara memilih scallop yang masih kaya nutrisi.

Di pasaran, biasanya Anda akan menemukan scallop lengkap dengan cangkangnya yang ditempatkan dalam wadah berisi air. Jenis ini disebut juga dengan scallop basah.

Ada pula yang sudah dipisahkan dari cangkangnya dan disimpan dalam plastik kedap udara. Orang mengenalnya dengan sebutan scallop kering.

Memilih scallop yang tinggi nutrisi sama halnya seperti memilih sayur. Semakin segar kondisinya, semakin banyak kandungan nutrisinya.

Jadi, untuk mendapatkan nutrisi yang maksimal, tidak hanya cara memasak yang harus benar, tetapi sebaiknya scallop yang dipilih juga masih segar.

Scallop segar biasanya ada pada yang basah.  Namun, Anda harus cermat saat membelinya di pasar. Pilih kerang yang bagian cangkangnya tidak rusak.

Pastikan pula dagingnya putih bersih lengkap dengan bagian kecil berwarna oranye terang.

Jika disentuh bagian dagingnya, akan ada sedikit air yang keluar. Selain itu, daging terasa lembut tapi tidak terlalu lembek. Saat dicium baunya juga amis seperti makanan laut mentah lainnya, bukan berbau busuk.

Sah-sah saja sebenarnya membeli scallop dalam kemasan. Namun, pastikan bahwa kondisi plastik pembungkus, warna daging, dan tanggal kedaluwarsa dalam keadaan baik.

Baik itu kerang basah atau kering, sebaiknya simpan dalam kulkas supaya tetap segar.

2. Bersihkan scallop dengan benar

Sumber: Mannetas Seafood Market

Memerhatikan kebersihan scallop adalah salah satu cara memasak yang benar dan sehat. Tujuannya, untuk membuang pasir, kotoran, selaput, dan bagian lain yang tidak perlu dimakan.

Caranya, Anda cukup merendam kerang dalam wadah berisi air dan goyangkan wadahnya untuk mengeluarkan pasir yang terperangkap.

Lalu buka cangkang dan buang bagian yang tidak perlu hingga tinggal menyisakan daging berwarna putih. Bilaslah dengan air mengalir hingga bersih.

Bukan hanya menghilangkan kotoran, mencuci kerang dengan benar bisa menghilangkan sebagian garam yang terkandung.

3. Pilihan cara memasak scallop

Sumber: Good Decision

Ada banyak cara untuk memasak scallop agar menjadi makanan yang lezat dan bergizi. Yang paling direkomendasikan adalah direbus, dipanggang, dan ditumis.

Merebus bisa membuat daging kerang matang secara sempurna, sehingga daging akan terasa kenyal dan berisi.

Memanggang dan menumis, bisa mematangkan bagian luar daging. Ini akan menjaga tekstur daging bagian tetap lembut. Ketiga cara ini dapat mengurangi penggunaan minyak goreng.

Namun, bolehkah jika kerang digoreng? Boleh saja, namun gunakanlah minyak yang lebih sehat, seperti minyak zaitun dengan api sedang dan takaran yang cukup.

4. Perhatikan bumbu atau rempah yang Anda gunakan

Sumber: Daring Gourmet

Salah satu cara memasak scallop yang perlu diperhatikan adalah penggunaan bumbu dan rempah-rempah.

Kerang kampak yang hidup di laut memiliki kadar garam yang tinggi. Untuk menghindari asupan garam berlebihan, Anda perlu mencuci kerang sekaligus membatasi penggunaan garam saat memasaknya.

Sebagai gantinya, Anda bisa menambahkan beragam rempah-rempah. Mulai dari lada, kemiri, bawang merah, atau bawang putih untuk menambah kelezatan dan aroma masakan.

5. Sajikan dengan tambahan sayur atau kacang-kacangan

Sumber: Celebrate Mag

Cara sehat memasak scallop yang terakhir adalah menambahkan sayur atau kacang-kacangan. Anda bisa menambahkan buncis, wortel, kacang kapri, tomat, jamur, brokoli, atau paprika.

Selain mempercantik masakan Anda, nutrisi dari masakan akan jauh lebih banyak.

Baca Juga:

sumber

Loading...