5 Tips Liburan Nyaman untuk Pasien Kanker Kulit

Posted on
Loading...

5 Tips Liburan Nyaman untuk Pasien Kanker Kulit

Penyakit kanker kulit bukanlah halangan bagi Anda untuk menikmati liburan seru. Ke mana pun tujuannya, Anda tetap bisa pergi berlibur dengan aman dan nyaman seperti yang lainnya. Namun, Anda juga membutuhkan persiapan khusus saat merencanakan perjalanan. Berikut adalah beberapa tips yang bisa bantu mewujudkan rencana liburan Anda.

Loading...

Tips liburan untuk penderita kanker kulit

1. Konsultasi dengan dokter Anda

infeksi jamur vagina

Merencanakan liburan untuk pasien kanker kulit memang membutuhkan perhatian khusus, karena itu konsultasikan agenda perjalanan Anda terlebih dahulu pada dokter.

Pastikan bahwa tubuh Anda sedang dalam keadaan yang stabil. Terutama jika tujuannya adalah negara yang mengharuskan Anda untuk mendapatkan vaksin atau imunisasi sebelum berangkat.

Dokter mungkin akan memberikan kontak rumah sakit dan dokter yang dikenalnya di tempat liburan. Bawa serta catatan informasi medis mengenai kondisi Anda dan obat yang diminum agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat jika terjadi sesuatu.

2. Susun rencana perjalanan dengan matang

liburan kanker kulit
Sumber: Josie Wanders

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu informasi seputar tempat yang akan menjadi tujuan berlibur. Salah satu aspek yang harus diperhatikan adalah kemudahan dalam mencari obat dan fasilitas medis untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu, termasuk memilih tempat penginapan yang dekat dengan fasilitas tersebut.

Hubungi juga asuransi kesehatan Anda. Cari tahu perlindungan apa saja yang akan didapatkan ketika liburan, pilihlah asuransi yang sudah mencakup layanan evakuasi untuk situasi darurat. Daftarkan perlindungan tambahan bila perlu.

3. Siapkan obat-obatan yang akan dibawa

liburan kanker kulit
Sumber: Healthline

Bagi pasien kanker kulit, obat-obatan menjadi hal yang paling penting untuk dibawa saat liburan. Siapkan obat-obatan dengan jumlah yang lebih dari cukup untuk menghindari kemungkinan habis karena terjatuh atau terlepas dari tangan. Perlu diingat juga bahwa tidak semua tempat menjual obat yang Anda konsumsi. Sebaiknya, beli persediaan obat tambahan sebelum Anda pergi.

Obat juga sensitif terhadap tempat yang lembab dan suhu yang terlalu tinggi. Simpan obat Anda dengan baik di wadah yang kering dan tidak terekspose sinar matahari. Beri label nama dan dosis yang jelas. Untuk menghindari kerusakan obat pil, Anda bisa memasukkan bola-bola kapas ke dalam botolnya.

Ada beberapa obat yang tidak diperbolehkan untuk dibawa ke negara tertentu karena bersifat ilegal. Diskusikan lagi hal ini dengan dokter Anda.

4. Gunakan tabir surya

Ketika Anda memiliki penyakit kanker kulit, perlindungan untuk kulit selama liburan juga harus lebih intens. Di mana pun Anda berada, gunakan tabir surya dan aplikasikan ulang setiap dua jam sekali. Pilih tabir surya dengan kandungan SPF 15 atau lebih. Pastikan Anda menggunakan tabir surya secara menyeluruh untuk melindungi kulit.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kacamata hitam. Pilih kacamata jenis wrap around dengan lensa besar yang dapat melindungi mata dan kulit di sekitarnya dari sinar UVA dan UVB. Berlindung di bawah payung atau memakai topi juga bisa melindungi Anda dari sinar matahari.

Kenakan celana dan baju lengan panjang untuk perlindungan yang lebih kuat. Agar tetap terasa sejuk, pilihlah pakaian berbahan ringan namun dengan jahitan yang rapat.

5. Hindari terlalu lama berada di bawah sinar matahari

Batasi waktu Anda berada di luar ruangan yang sarat dengan paparan sinar matahari.

Pemakaian SPF tidak menjamin waktu yang Anda habiskan di luar selama liburan tidak akan berpengaruh pada kondisi kanker kulit. Kulit akan tetap memiliki kemungkinan untuk terkena dampak sinar UV, terutama pada pukul 11 sampai 3 siang dimana kekuatan sinar UV dari matahari sedang pada puncaknya.

Dengan alasan ini pula, siapkan pilihan tempat tujuan lainnya yang tidak terpapar matahari. Tidak harus selalu pergi ke pantai atau melakukan hiking untuk liburan yang menyenangkan, Anda juga dapat pergi ke tempat lain seperti museum, galeri, atau menonton pertunjukkan lokal. Pergi jalan-jalan di malam hari juga bisa menjadi pilihan.

Memiliki penyakit kanker kulit bukan berarti Anda tidak bisa merasakan liburan yang mengasyikkan. Selain mengikuti tips liburan di atas, Anda juga harus tetap mengingat bahwa kondisi kesehatan tubuh dengan penyakit kanker kulit tidak bisa diprediksi. Sempatkan waktu untuk istirahat yang cukup di tengah kegiatan dan jangan ragu untuk meminta bantuan pada orang di sekeliling Anda.

Baca Juga:

sumber

Loading...