6 Khasiat Minum Wedang Jahe di Musim Hujan

Posted on
Loading...

6 Khasiat Minum Wedang Jahe di Musim Hujan

Di musim hujan seperti sekarang ini, kita biasanya ingin mengonsumsi minuman yang hangat. Salah satu yang bisa kita jadikan pilihan adalah wedang jahe. Tak hanya dibuat sendiri, kita bisa membelinya di warung atau tempat makan lainnya. Tak hanya bisa menghangatkan badan, wedang jahe ternyata juga bisa memberikan manfaat sehat lainnya, lho.

Loading...

wedang-jahe-doktersehat

Berbagai Khasiat Minum Wedang Jahe

Pakar kesehatan menyebut ada banyak sekali manfaat wedang jahe yang bisa kita dapatkan. Berikut adalah berbagai manfaat sehat tersebut.

  1. Bisa Mengatasi Rasa Nyeri

Jika badan sedang terasa nyeri karena aktivitas yang berat atau penyebab lainnya, maka minum wedang jahe bisa mengatasinya. Hal ini disebabkan oleh sifat anti nyeri yang ada di dalam minuman ini. Pakar kesehatan menyebut senyawa gingerol dan fenol dalam jahe bisa mengatasi iritasi dan peradangan, termasuk yang terjadi pada lambung, otot, hingga yang disebabkan oleh nyeri menstruasi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan melibatkan 60 partisipan berusia dewasa, disebutkan bahwa rutin mengonsumsi wedang jahe juga bisa mengatasi gejala migrain dengan efektif.

  1. Bisa Mengatasi Rasa Mual

Mual bisa disebabkan oleh banyak hal. Sebagai contoh, jika kita mengalami masuk angin, kepala pusing, atau sedang mabuk perjalanan, maka gejala kesehatan ini bisa saja muncul. Jika kita bisa memuntahkan makanan, biasanya sensasi mual ini akan mereda, namun banyak orang yang tak bisa melakukannya sehingga sensasi mual pun akan terus terasa.

Beruntung, pakar kesehatan menyebut konsumsi wedang jahe bisa meredakan sensasi mual ini dengan efektif. Bagi mereka yang baru saja menjalani kemoterapi dan mengalami efek samping mual-mual atau ibu hamil yang mengalami morning sickness, sangat disarankan untuk minum wedang jahe demi meredakannya.

  1. Melawan Peradangan

Cukup banyak orang yang mengeluhkan peradangan pada tulang atau persendian yang dipicu oleh osteoarthritis atau rematik. Tak hanya memicu rasa nyeri, bisa jadi hal ini juga akan mengganggu pergerakan dan aktivitas sehari-hari. Pakar kesehatan menyebut konsumsi wedang jahe bisa mengatasi gejala dari masalah kesehatan ini dengan efektif.

Hal ini disebabkan oleh kandungan di dalam jahe seperti gingerol, gingerdione, serta zingeron yang termasuk dalam zat aktif yang bisa membantu melawan peradangan di dalam tubuh. Kandungan lain seperti oleoresin bahkan bisa melawan dampak peradangan yang disebabkan oleh alergi.

  1. Menyediakan Antioksidan

Jahe termasuk dalam rempah-rempah yang tinggi kandungan antioksidan. Sebagaimana kita ketahui, antioksidan mampu melawan efek buruk dari radikal bebas yang bisa menyebabkan datangnya penyakit. Sebagai informasi, kita bisa mendapatkan radikal bebas dari polusi udara, sinar matahari, hingga makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari.

Tanpa adanya antioksidan yang bisa melawan efek radikal bebas ini, bisa jadi kita akan lebih rentan mengalami masalah kesehatan seperti gangguan penglihatan, penyakit degeneratif seperti alzheimer dan Parkinson, hingga kanker dan penyakit jantung.

  1. Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Penderita diabetes tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman demi mencegah komplikasi. Beruntung, wedang jahe termasuk dalam minuman yang aman mereka konsumsi. Bahkan, rutin mengonsumsinya bisa membantu mengendalikan kadar gula darah dengan lebih baik.

Pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes menambahkan kayu manis pada wedang jahenya demi mendapatkan manfaat kesehatan lebih maksimal.

  1. Membuat Berat Badan Turun

Rutin minum wedang jahe ternyata bisa membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh semakin maksimal. Kita pun bisa menurunkan berat badan.

 

Sumber:

  1. Picincu, Andra. 2019. Ginger Water Benefits.livestrong.com/article/503819-ginger-water-benefits/. (Diakses pada 15 Januari 2020).

sumber

Loading...