Alpukat Cegah Obesitas di Usia Lanjut

Posted on
Loading...

Alpukat Cegah Obesitas di Usia Lanjut

Mengonsumsi alpukat secara rutin bisa membuat tubuh langsing di usia lanjut.

Loading...

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Middle-aged spread adalah kondisi di mana tubuh mengalami kenaikan berat badan saat memasuki usia 30, 40, dan seterusnya, Biasanya, orang-orang yang mengalaminya akan memiliki lemak menumpuk lebih banyak di area sekitar perut.

Dilansir Daily Mail, Selasa (3/12), kondisi ini ternyata bisa dicegah dengan alpukat. Peneliti dalam sebuah studi menemukan mengkonsumsi buah ini setiap hari atau secara rutin, dapat membantu Anda tetap langsing di usia-usia menjelang paruh baya tersebut.

Setidaknya, Anda hanya perlu mengkonsumsi alpukat satu kali dalam sehari untuk menjaga kelebihan berat badan di usia lebih lanjut atau saat telah paruh baya. Para peneliti di California, Amerika Serikat (AS) menganalisis data lebih dari 55 laki-laki dan perempuan berusia di atas 30 tahun.

Penelitian kesehatan mereka juga dilakukan hingga 11 tahun. Para peserta sering ditanya seberapa sering mereka makan alpukat, serta ditimbang dan diukur di awal penelitian.

Mereka yang memiliki berat badan normal dan mengkonsumsi alpukat setiap hari ditemukan 15 persen lebih sedikit untuk mengalami kegemukan, dibandingkan yang tidak. Selain itu, dengan konsumsi jumlah lebih sedikit juga membantu mengatasi lemak atau masalah berat badan hingga tujuh persen.

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas Loma Linda menuliskan bahwa alpukat kaya akan nutrisi dan senyawa bioaktif untuk membantu mencegah kenaikan berat badan. Buah ini juga tinggi dengan lemak tak jenuh dan serat, sehingga orang-orang yang mengkonsumsinya akan mudah merasa kenyang.

sumber

Loading...