Angka yang Tertulis di Kemasan Belum Tentu Angka Kedaluwarsa

Posted on
Loading...

Angka yang Tertulis di Kemasan Belum Tentu Angka Kedaluwarsa

Rata-rata makanan masih bisa melewati tanggal tertulis kecuali produk bayi

Loading...

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tidak setiap tanggal yang Anda lihat pada makanan Anda adalah tanggal kedaluwarsa. Ada empat tanggal umum yang mungkin Anda lihat di toko grosir dan apa artinya, menurut Business Insider.

Jika dalam kemasan tertulis sell-by date artinya berapa lama toko harus menampilkan produk. Sementara bila tertulis use-by date artinya ketika produsen berpikir produk akan berada pada kualitas puncaknya.

Sedangkan bila dalam kemasan tertulis best if used by date artinya tanggal terbaik untuk rasa dan kualitas. Dan bila tertulis closed by date or coded dates artinya nomor kemasan yang digunakan pabrikan.

Tak satu pun dari ini adalah tanggal kedaluwarsa dan juga tidak menunjukkan apakah makanan itu aman dikonsumsi atau tidak. Faktanya, US Food and Drugs Adminitration (FDA) memungkinkan produsen untuk menjual hampir semua makanan melewati tanggal-tanggal ini, dengan pengecualian bayi. Terlebih lagi, produsen tidak diharuskan untuk memasukkan tanggal ini pada makanan mereka, keputusan sepenuhnya terserah mereka.

Mengapa tanggal kedaluwarsa makanan penting? Tampilan dan bau kadang-kadang bisa menipu (menghirup karton susu bukanlah ilmu pasti), itulah sebabnya tanggal kadaluwarsa yang tertera pada kemasan dapat memandu Anda ke arah yang benar dan membantu mencegah penyakit.

Dari keju krim hingga staples sandwich, yang terbaik adalah melemparkan makanan ini begitu mereka melewati tanggal kadaluwarsa yang diberikan kecuali Anda ingin sakit. 

sumber

Loading...