Indra Penciuman Penyintas Covid-19 Pulih dalam 4 Pekan

Posted on
Loading...

Indra Penciuman Penyintas Covid-19 Pulih dalam 4 Pekan

Gejala hilangnya fungsi rasa dan bau muncul pada pasien Covid-19.

Loading...

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pasien dengan infeksi virus corona tipe baru (Covid-19) telah melaporkan beberapa kali kehilangan indra penciuman atau indra perasa. Namun, sebuah studi baru menemukan bahwa hampir 90 persen pasien yang memiliki kondisi tersebut akhirnya mengalami peningkatan setelah empat minggu.

Dilaporkan Berita Fox, studi mengungkapkan hilangnya indera penciuman dan rasa adalah salah satu gejala paling umum dari pasien Covid-19. Secara khusus, gejala-gejala ini terjadi pada mereka yang tidak mengalami sakit parah.

Para peneliti mengevaluasi 202 orang dewasa dengan gejala Covid-19 yang ringan di Rumah Sakit Regional Treviso, Italia. Temuan ini dipublikasikan di Bedah Otolaringologi Kepala & Leher JAMA pada hari Kamis (2/7).

Setelah empat minggu, 89 persen pasien Covid-19 melaporkan bahwa indra penciuman atau perasaan mereka kembali berfungsi tiba-tiba atau mengalami peningkatan gejala. Secara khusus, 55 pasien melaporkan pemulihan lengkap, 46 mencatat peningkatan gejala, dan 12 mengatakan bahwa gejala tidak membaik atau menjadi lebih buruk.

Untuk pasien yang telah pulih sepenuhnya, gangguan atau gejala hilangnya indera penciuman dan rasa dilaporkan berlangsung sekitar 11 hari. Para peneliti mengatakan bahwa gangguan yang bertahan lama tidak terkait dengan infeksi virus corona tipe baru yang lebih parah.

Keparahan penciuman yang lebih tinggi dan gangguan rasa diyakini karena cedera yang lebih parah dari jaringan di dalam rongga hidung. Para peneliti mengatakan bahwa ini terkait dengan kemungkinan pemulihan yang lebih rendah dalam empat minggu.

Para peneliti juga mengamati hubungan yang secara klinis tidak signifikan antara kekuatan gejala Covid-19 dan jenis kelamin atau usia pasien.

sumber

Loading...