Ini Titik yang Bisa Dipijat Saat Terserang Sakit Kepala

Posted on
Loading...

Ini Titik yang Bisa Dipijat Saat Terserang Sakit Kepala

Memijat beberapa titik yang tepat ampuh dalam meredakan sakit kepala.

Loading...

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Saat mengalami sakit kepala karena tegang, tehnik memijat beberapa area tubuh yang berhubungan dengan titik akupresur dan akupuntur bisa menjadi alternatif. Memijat di titik yang tepat ampuh dalam meredakan sakit kepala.

Melissa Dana, ahli akupunktur yang juga praktisi pengobatan Asia Timur dan pemilik Black Pine Holistic Healing di Seattle, mengatakan bahwa ada banyak alasan mengapa sakit kepala terjadi. Karena itu, menurutnya, memahami akar penyebabnya penting untuk mencapai pertolongan dengan akupresur dan akupuntur.

Dana mengatakan, tehnik ini bisa dilakukan dengan gerakan memijat yang lembut dan melingkar di titik-titik yang tepat. Dana merekomendasikan untuk memijat di tiga area utama tubuh guna meredakan sakit kepala, yakni belakang kepala, persimpangan leher-bahu, dan tangan.

“Ada dua titik di belakang kepala pada tengkuk yang dapat meredakan sakit kepala yang tegang,” kata Dana, dilansir di U.S.News, Senin (21/10).

Ia menjelaskan, oksiput adalah area yang tepat di bawah pangkal tengkorang, yang bergabung ke leher. Menurutnya, titik-titik ini selalu menjadi perhentian pertama saat mengatasi sakit kepala karena tegang.

Untuk menemukan titik-titik ini, Dana merekomendasikan agar meletakkan jari di bagian belakang kepala atau leher dari belakang telinga. Selanjutnya, menurutnya, jari akan jatuh ke dalam lubang jaringan lunak di bawah tengkorak atau di titik lokasi oksiput tersebut.

“Pijatan lembut di area ini selama beberapa menit dapat membantu melemaskan otot-otot dan menghilangkan ketegangan, yang pada gilirannya dapat menghentikan sakit kepala di jalurnya,” jelasnya.

Selanjutnya, titik yang bagus lainnya adalah memijat area di mana leher dan bahu bertemu. Dana mengatakan, orang-orang menyebut area ini bahu, namun secara teknis itu adalah lehernya. Titik persimpangan ini ada di antara bahu dan leher di bagian atas trapezius.

Menurut Dana, area tersebut adalah tempat yang biasanya orang suka memijatnya. Sebab, area itu adalah titik yang umum untuk bertumpuknya ketegangan. Di area ini, anda dapat menggunakan jari-jari untuk memijat dengan gerakan memutar di dan sekitar titik itu.

Selanjutnya, memijat di area tangan. Menurut Dana, antara ibu jari dan jari telunjuk adalah area lain yang dapat membantu meringankan sakit kepala. Area ini juga disebut lembah persatuan, sesuai dengan titik akupuntur LI-4 (hegu).

Dana menyarankan untuk memijat area tangan ini dimulai dari pangkal jari telunjuk dan memijat tangan ke bawah di sepanjang tulang itu, yang disebut metacarpal. Tulang ini menghubungkan pangkal jari telunjuk ke sendi ibu jari, dan diyakini mewakili peta seluruh tubuh.

“Saat anda memijat sepanjang area itu, anda pada dasarnya memijat tubuh anda dari leher ke bawah. Ini hampir seperti memberi diri anda pijatan punggung untuk memindahkan energi ke bawah,” kata Dana.

Ia menambahkan, tehnik ini dilakukan dengan gerakan memutar yang tegas, kemudian bergerak ke bawah dari pangkal jari telunjuk sampai ke bagian bawah ibu jari, utamanya pergelangan tangan. Namun, ia mengingatkan agar melakukan langkah ini dengan gerakan menurun agar energi tidak terhambat lagi.

Dana menambahkan, pada dasarnya terapi dengan akupresur ini bisa terus dilakukan. Namun, ia juga mengingatkan untuk tidak melakukanya terus-menerus hingga tangan menjadi lelah. Beristirahat dahulu lebih baik, sebelum kembali melanjutkan tehnik pijat ini jika rasa sakit masih terasa.

sumber

Loading...