Kapan Bayi Pertama Kali Tersenyum Setelah Dilahirkan ke Dunia?

Posted on
Loading...

Kapan Bayi Pertama Kali Tersenyum Setelah Dilahirkan ke Dunia?

Melihat buah hati tersenyum, pasti turut membuat hati Anda senang bukan kepalang. Selain menandakan suasana hatinya yang baik, tersenyum juga masuk dalam tahap perkembangan bayi. Namun, tahukah Anda kapan bayi tersenyum pertama kali? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini.

Loading...

Kapan bayi tersenyum pertama kali?

Bagi orangtua, senyum si kecil adalah hal yang membahagiakan. Bahkan, sebagian besar menganggap bahwa senyum ini merupakan obat untuk mengobati rasa lelah setelah seharian bekerja atau merawatnya.

Meski begitu, belum banyak orangtua yang tahu mengenai fakta-fakta unik seputar senyum bayi. Salah satunya, kapan bayi menunjukkan senyumnya untuk pertama kali.

Setelah dilahirkan, Anda mungkin memergokinya beberapa kali tersenyum. Namun, bayi yang Anda lihat tersenyum pertama kali ini bukanlah senyum sesungguhnya. Senyum ini merupakan bagian dari refleks tubuh.

Menurut Stanford Children’s Health, refleks adalah gerakan atau tindakan yang tidak sengaja alias spontan. Gerakan spontan ini menandakan perkembangan fungsi tubuh bayi terhadap suatu respons.

Senyum refleks ini disebut juga dengan senyum palsu yang dapat muncul beberapa hari setelah bayi dilahirkan. Di antara senyum palsu, bayi akan menunjukkan senyum aslinya. Diperkirakan, bayi pertama kali benar-benar tersenyum saat memasuki usia 6 atau 8 minggu.

Beda senyum palsu dengan senyum asli pada bayi

bayi tertawa sendiri

Bayi yang tersenyum karena refleks dengan senyum sungguhan tentu tidak sama. Senyum palsu terjadi secara tidak sengaja, sementara senyum sungguhan akan ditunjukkan bayi karena ia sudah mulai memahami dan bersosialisasi dengan orang di sekitar dan lingkungannya.

Saat pertama kali melihatnya, Anda mungkin tidak bisa membedakan apakah bayi tersenyum sungguhan atau hanya refleks.

Anda akan tahu perbedaannya setelah memperhatikannya seiring waktu. Namun, ada beberapa hal yang bisa menjadi patokan untuk membedakan senyum refleks dengan senyum asli bayi, yakni:

  • Senyum refleks/palsu cenderung lebih pendek durasinya dan terjadi secara acak. Contohnya, saat bayi sedang tidur, lelah, dan saat buang air.
  • Senyum asli akan ditunjukkan bayi ketika melihat wajah ibu, ayah, dan orang-orang di sekelilingnya. Senyum ini bisa juga muncul saat Anda melakukan interaksi dengan si kecil. Anda juga bisa melihat emosi dari matanya karena senyum ini terjadi lebih lama dibanding senyum refleks.

Adakah cara agar bayi tersenyum lebih cepat untuk pertama kali?

refleks pada bayi

Tidak ada cara khusus untuk merangsang bayi agar tersenyum lebih cepat. Namun, Anda bisa membantu bayi untuk tersenyum lebih baik.

Bayi tidak bisa secara spontan tersenyum dengan sempurna. Ia perlu belajar berkali-kali untuk menyipitkan mata dan membuka mulutnya untuk membentuk senyum. Itulah sebabnya, bayi mungkin sering terlihat menggerakan atau membuka mulutnya.

Anda bisa membantu mengembangkan senyum pertama bayi dengan menunjukkan senyum Anda, memberinya pelukan, mengajaknya mengobrol, atau bermain dengannya.

Meski terlihat sepele, perkembangan senyum anak ternyata perlu diperhatikan. Bila Anda mengamati si kecil kesulitan untuk tersenyum, tidak ada salahnya untuk melakukan konsultasi pada dokter.

Anak yang terlambat atau jarang tersenyum, diikuti gejala lain bisa menandakan spektrum autisme. Terutama bila diikuti keanehan pada pandangan dan kontak mata.

Dokter akan meminta si kecil untuk melakukan pemeriksaan lebih jauh, seperti tes mata dan tes EEG (elektroensefalogram) untuk mengetahui aktivitas listrik di otak anak.

Sumber foto: Unsplash.

Baca Juga:

sumber

Loading...