Kasus Covid-19 di Indonesia Meningkat, Ini yang Bisa Anda Lakukan jika Sakit

Posted on
Loading...

Kasus Covid-19 di Indonesia Meningkat, Ini yang Bisa Anda Lakukan jika Sakit

JAKARTA, iNews.id – Jumlah pasien korona positif baru (Covid-19) di Indonesia terus meningkat. Data per Kamis (26/3/2020), jumlah pasien positif mencapai 893 orang atau bertambah 103 kasus dari sebelumnya.

Loading...

Menurut juru bicara pemerintah untuk perawatan virus korona Achmad Yurianto, ada 20 pasien positif yang meninggal. Total pasien positif yang meninggal secara nasional adalah 78.

"Ada kasus tambahan dari Rabu (25/3/2020), pukul 12.00 WIB hingga hari ini Kamis (26/3/2020) pukul 12.00 WIB sebanyak 103 sehingga total menjadi 893," katanya dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta.

Yuri juga mengatakan bahwa ada empat pasien sembuh tambahan. Jumlah total pasien yang pulih secara nasional adalah 35.

Dengan bertambahnya jumlah pasien positif di Indonesia, ini mengingatkan akan pentingnya mengambil tindakan pencegahan karena hingga saat ini belum ada vaksin atau obat resmi untuk merawat pasien positif virus korona. Anda juga perlu mengambil tindakan jika mengalami sakit.

Dikutip dari covid19.go.idPada Jumat (27/3/2020), ada banyak jenis virus korona yang dapat menginfeksi manusia, termasuk yang menyebabkan rasa sakit di saluran pernapasan. Virus corona (Covid-19) adalah penyakit baru, yang disebabkan oleh virus korona baru yang belum pernah ditemukan pada manusia.

Gejala utamanya adalah demam, rasa lelah, dan batuk kering. Beberapa pasien mungkin mengalami rasa sakit dan sakit, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan atau diare. Gejala yang dialami biasanya ringan dan muncul secara bertahap.

Tetapi jika Anda mengalaminya, itu tidak berarti Anda memiliki virus korona karena gejalanya mirip dengan flu biasa. Kebanyakan orang yang terinfeksi virus korona akhirnya sembuh. Kelompok lansia (lansia) dan mereka yang memiliki masalah kesehatan memiliki risiko lebih besar. Segera hubungi fasilitas kesehatan untuk konsultasi lebih lanjut.

1. Kelompok lansia (lansia) dan orang-orang dengan masalah kesehatan kronis (kronis) seperti penyakit jantung, diabetes dan penyakit paru-paru berisiko mengalami penyakit serius. Jika Anda merasa tidak sehat, demam, lelah dan batuk kering, cukup istirahat di rumah dan minum yang cukup.

2. Jika keluhan berlanjut, atau disertai dengan kesulitan bernafas (sesak napas atau napas cepat), segera mencari perawatan di fasilitas perawatan kesehatan.

3. Jaga jarak setidaknya 1 meter dari anggota rumah tangga lainnya.

4. Saat pergi ke fasilitas perawatan kesehatan gunakan masker. Jika Anda tidak memiliki topeng, ikuti etika batuk / bersin yang benar dengan menutupi mulut dan hidung Anda dengan siku atau jaringan terlipat yang segera dibuang ke tempat sampah yang tertutup.

Di fasilitas perawatan kesehatan

1. Tenaga kesehatan (tenaga kesehatan) di fasilitas kesehatan akan melakukan skrining tersangka. Jika Anda memenuhi kriteria tersangka virus korona (Covid-19), Anda akan dirujuk ke salah satu rumah sakit rujukan (RS) yang siap menangani Covid-19.

2. Jika Anda tidak memenuhi kriteria untuk dicurigai, Anda akan dirawat di rumah sakit atau rawat jalan tergantung pada diagnosis dan keputusan dokter Anda.

3. Jika Anda sehat, tetapi jika dalam 14 hari terakhir Anda telah bepergian ke negara yang terkena Covid-19 atau merasa telah melakukan kontak dengan penderita, segera hubungi hotline corona 119 ext 9.

Editor: Tuty Ocktaviany

sumber

Loading...