Kata Dokter Gigi, Hindari Meletakkan Benda Ini di Mulut

Posted on
Loading...

Kata Dokter Gigi, Hindari Meletakkan Benda Ini di Mulut

Risiko gigi patah bisa terjadi bila rutin memasukkan benda tertentu di mulut.

Loading...

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dokter gigi kerap kali bertemu pasien akibat gigi yang patah. Jumlahnya, tidak sedikit. Gigi patah disebabkan banyak hal, mulai dari mengunyah makanan atau benda yang salah.

Agar terhindar dari kelakukan mematahkan gigi, berikut ada sejumlah hal yang harus dihindari. Anda tidak ingin giginya rusak, bukan?

Lemon

Lemon merupakan buah yang sering tidak disadari bahayanya ketika termakan. Karena lemon sangat asam, orang memiliki kebiasaan menghisap, dan menyimpannya di mulutnya untuk waktu yang lebih lama daripada makanan, jelas Victoria Veytsman, MD, dokter gigi New York City dan kontributor RealSelf. Ia memperingatkan, dapat menyebabkan erosi enamel dan juga melepaskan keseimbangan asam dan basa ideal mulut.

Es batu

Untuk alasan apa pun, banyak dari kita suka mengunyah es atau es batu. Tetapi melakukan hal itu dapat membuat pertempuran antara gigi dan es. Bahkan, Peter Vanstrom DDS, PC, Kontributor Pendidikan dan Juru Bicara untuk Curaprox USA, telah melihat banyak insiden pada pasien setiap tahun di mana es batu telah menang dan sejumlah gigi retak.

“Gigi yang retak ini mungkin memerlukan mahkota untuk mengembalikan fungsi dan stabilitas yang tepat,” kata dia. Daripada mengunyah es, ia menyarankan untuk menggunakan sedotan sehingga Anda tidak tergoda untuk mengunyah. Kesalahan sehari-hari ini menyebabkan kerusakan gigi, dilansir dari laman RD, Rabu (26/9).

Membuka botol minuman

Ketika Anda kekurangan pembuka botol, Anda mungkin tergoda untuk menggunakan gigi Anda, tetapi ini adalah hal yang tidak boleh dilakukan oleh dokter gigi. “Jika Anda mematahkan gigi di tengah, Anda mungkin kehilangan gigi sepenuhnya dan memerlukan mahkota implan dan implan,” kata Bill Dorfman, DDS, dokter gigi kosmetik berbasis di Beverly Hills. Sebagai gantinya, tunggu sampai Anda memiliki pembuka botol atau setidaknya instrumen lain selain gigi untuk membukanya.

Botol plastik

Sama seperti tutup botol, tutup botol plastik bisa menjadi sakit untuk dibuka. Tapi tahan godaan untuk meletakkan plastik di mulut Anda, gigit ke bawah lalu putar untuk melonggarkan tutup minuman.

“Ini tidak hanya menyebabkan gigi patah tetapi otot dan nyeri temporomandibular joint (TMJ),” kata Dr. Vanstrom memperingatkan. Itu memutar kepala dan rahang menempatkan sedikit ketegangan pada otot dan sendi. Sebaliknya, hindari fraktur gigi, nyeri otot, dan masalah TMJ dengan menggunakan tangan Anda.

sumber

Loading...