Kekurangan Vitamin A Sebabkan Diabetes?

Posted on
Loading...

Kekurangan Vitamin A Sebabkan Diabetes?

manfaat-vitamin-a-untuk-kecantikan-doktersehat

DokterSehat.Com– Jika membahas tentang vitamin A, kita biasanya akan berpikir jika vitamin in sangatlah dibutuhkan untuk kesehatan mata. Hanya saja, ada yang menyebut vitamin A memiliki peran besar dalam hal mencegah penyakit diabetes. Sebenarnya, apakah kekurangan vitamin A bisa menyebabkan peningkatan risiko terkena penyakit ini?

Loading...

Kaitan antara vitamin A dan diabetes

Pakar kesehatan menyebut vitamin A sepertinya memiliki peran besar dalam mempengaruhi fungsi dari sel beta. Sebagai informasi, salah satu fungsi dari sel beta adalah sekresi hormon insulin. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika hormon insulin terkait dengan diabetes, apalagi jika produksinya di organ pankreas tidak cukup atau mengalami gangguan.

Sebuah penelitian pun dilakukan dengan melibatkan para ahli dari Inggris dan Swedia untuk mengetahui hal ini dengan lebih dalam. Dalam penelitian yang kemudian dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Endocrine Journal ini, dihasilkan fakta bahwa terdapat reseptor vitamin A pada sel beta dengan nama GPRC5C.

Para peneliti pun kemudian melakukan pengujian pada sel-sel beta yang dimiliki oleh penderita diabetes dan orang-orang yang tidak menderita penyakit ini. Setelah dilakukan pembatasan reseptor GPRC5C ini, dihasilkan fakta bahwa sekresi insulin bisa menurun hingga 30 persen. Hal ini berarti, jika kita sampai kekurangan vitamin A, besar kemungkinan risiko untuk terkena diabetes meningkat dengan signifikan. Selain itu, para peneliti juga menyebut kekurangan vitamin ini ternyata bisa meningkatkan risiko peradangan dan kematian dini.

Selain diabetes tipe 2, para peneliti juga menemukan kemungkinan adanya kaitan antara kekurangan vitamin A dengan risiko diabetes tipe 1. Hal ini dibuktikan saat para peneliti mengecek kondisi tikus percobaan yang baru lahir. Dihasilkan fakta bahwa tikus-tikus ini ternyata membutuhkan vitamin A dengan cukup demi mengembangkan sel beta dengan baik.

“Setiap orang tua harus memastikan anak-anaknya mendapatkan vitamin A dengan cukup lewat makanan yang dikonsumsi sehari-hari,” saran salah satu peneliti yang terlibat, Albert Salehi.

Bagaimana jika asupan vitamin A berlebihan?

Banyak orang yang sengaja mengonsumsi suplemen vitamin A demi mencegah gangguan kesehatan pada mata. Padahal, jika sampai kita mengalami kelebihan asupan vitamin A, maka risiko untuk terkena osteoporosis atau gangguan kesehatan lainnya bisa meningkat. Karena alasan inilah para peneliti berusaha untuk mengembangkan studi yang mereka lakukan demi menemukan kadar vitamin A yang tepat sehingga kita tetap bisa memenuhi kebutuhan vitamin A tanpa memberikan efek samping bagi kesehatan.

Beberapa makanan tinggi vitamin A

Wortel sangatlah identik dengan kandungan vitamin A yang tinggi. Padahal, dalam realitanya ada beberapa jenis makanan lain yang bahkan memiliki kandungan vitamin A lebih tinggi dibandingkan dengan wortel.

Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

  1. Ubi jalar

Di dalam ubi jalar dengan ukuran sedang yang dikukus bisa ditemukan sekitar 1,096 mg beta karoten dan 21.909 IU retinol. Jumlah ini sudah 4 kali lipat dari kebutuhan vitamin A kita setiap hari.

  1. Kale

Salah satu sayuran hijau yang tinggi nutrisi ini memiliki 3,5 mg beta karoten dan 70.829 IU retinol di setiap empat cangkirnya. Selain itu, di dalam sayuran ini juga tinggi kandungan vitamin C dan vitamin K yang baik bagi kesehatan.

  1. Puree labu

Jika kita mengonsumsi secangkir puree labu, maka kita bisa mendapatkan 0,706 mg beta karoten dan lebih dari 14 ribu retinol. Hanya saja. Kita sebaiknya mengonsumsi puree labu buatan sendiri, bukannya yang kalengan karena bisa jadi memiliki kandungan gula atau bahan pengawet yang tidak sehat.

  1. Minyak ikan kod

Selain tinggi kandungan asam lemak omega 3, minyak ikan kod memiliki 4 mg beta karoten dan 13.600 IU retinol. Jumlah ini sekitar delapan kali lipat dari kebutuhan vitamin A yang kita butuhkan setiap hari.

sumber

Loading...