Kenali Efek Samping Vaksin pada Pengguna Facial Filler

Posted on
Loading...

Kenali Efek Samping Vaksin pada Pengguna Facial Filler

Tiga pengguna pengisi wajah dilaporkan mengalami efek samping dari vaksin Moderna.

Loading...

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Staf Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat Rachel Zhang mengungkapkan vaksin Moderna Covid-19 memiliki beberapa efek samping, khususnya pada kelompok orang yang menggunakannya. pengisi wajah. Laporan tersebut dikonfirmasi pada pertemuan Dewan Penasihat Vaksin dan Komite Penasihat Penelitian Biologi (VRBPAC).

Berdasarkan informasi, barang bukti diperlihatkan oleh seorang wanita berusia 46 tahun yang pernah melakukannya pengisi kulit sekitar enam bulan sebelum disuntik dengan vaksin Moderna pada uji coba Tahap III. Selain itu, ada laporan serupa dari wanita 51 wanita yang menjalani prosedur injeksi pengisi di bibir dua minggu sebelum vaksinasi.

Zhang mengatakan bahwa wanita itu mengalami pembengkakan di bibirnya setelah divaksinasi. Namun, peserta uji coba vaksin Moderna Covid-19 juga mengaku pernah mengalami reaksi serupa setelah divaksinasi influenza.

Dalam dokumen pemaparannya untuk pertemuan pada 17 Desember 2020, FDA memaparkan efek samping vaksin Moderna, mulai dari pembengkakan wajah pada beberapa kategori. Zhang berkata, tim FDA melakukannya ulasan literatur dan menemukan laporan sebelumnya di mana orang-orang melalui suntikan pengisi kulit bereaksi terhadap vaksinasi dengan pembengkakan wajah sementara.

Namun, tidak ada detail mengenai vaksin Pfizer, mengingat kedua vaksin tersebut hampir identik.

"Ini adalah efek samping yang sangat langka, dan sangat mudah diobati dengan antihistamin dan prednison (sejenis steroid)," kata Debra Jaliman, MD, dokter kulit bersertifikat di Manhattan, New York City. Kesehatan, Sabtu (2/1)

sumber

Loading...