Komunikasi saat Haji dengan Keluarga di Rumah Itu Penting • Hello Sehat

Posted on
Loading...

Komunikasi saat Haji dengan Keluarga di Rumah Itu Penting • Hello Sehat

Banyak hal penting yang harus diperhatikan oleh para peziarah, mulai dari persiapan hingga menjalankan serangkaian ziarah di Tanah Suci. Selain menjaga daya tahan, hal penting lain yang harus diperhatikan oleh jamaah adalah membangun komunikasi, apakah itu dengan sesama penyembah atau dengan keluarga, teman, dan kerabat di rumah.

Loading...

Sebuah penelitian menunjukkan, meskipun haji adalah pengalaman spiritual yang memberikan kepuasan dalam agama, tetapi di sisi lain haji dapat dengan mudah membuat Anda stres dalam prosesnya. Stres selama ziarah dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental.

Karena itu, penting bagi peziarah untuk menerima dukungan mental saat berada di Tanah Suci. Salah satu bentuk dukungan adalah menjaga komunikasi dengan keluarga.

Manfaat menjaga komunikasi dengan keluarga selama haji

Untuk menghindari stres selama ziarah, rekan-rekan seiman dapat mendorong dan mendukung satu sama lain. Mungkin terkadang beberapa peziarah melakukan ziarah bersama keluarga sehingga lebih mudah untuk berinteraksi. Namun, selain itu, Anda dapat berkomunikasi langsung dengan keluarga Anda di negara ini.

Apa manfaat berkomunikasi dengan keluarga?

Membantu mengurangi stres

Orang yang menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga dan teman lebih mudah menghilangkan stres. Tentu saja ketika Anda sedang berziarah, media telepon atau pesan singkat bisa menjadi pilihan alternatif untuk tetap menjaga komunikasi.

Tingkatkan kesehatan psikologis

Dukungan emosional yang diperoleh melalui komunikasi dengan keluarga di rumah dapat membantu Anda lebih kuat menjalani ziarah. Sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang mengandalkan dukungan teman atau keluarga memiliki kekuatan hidup yang lebih kuat.

Ini bisa membantu Anda dalam melaksanakan ibadah haji sehingga lebih lengkap mengikuti semua proses.

Komunikasi selama haji bermanfaat bagi kesehatan jantung

Stres dapat memicu peradangan pada pembuluh darah dan menyebabkan masalah kesehatan seperti penyumbatan pembuluh darah. Jika Anda bisa mengurangi stres, itu bisa dihindari. Menjaga komunikasi selama haji dapat membantu mengurangi stres, sehingga risiko masalah kesehatan yang terkait dengan stres juga berkurang.

Mengurangi risiko penyakit kronis

Komunikasi dengan keluarga dapat menghasilkan dukungan sosial selama haji dan juga memiliki dampak positif pada kesehatan. Hubungan sosial seperti keluarga telah terbukti mengurangi risiko penyakit kronis. Ini dapat membantu para peziarah yang menderita beberapa penyakit kronis seperti:

  • Penyakit jantung
  • Diabetes
  • Kanker
  • Pukulan
  • Penyakit ginjal kronis

Pentingnya komunikasi selama ziarah dengan sesama peziarah dan keluarga di rumah berdampak pada kesehatan fisik dan mental. Ini karena dengan mendapat dukungan psikologis, stres akibat hambatan saat haji dapat berkurang sehingga risiko masalah kesehatan juga berkurang.

Terutama sejak dimulainya musim haji 2019, sistem zonasi diterapkan sehingga para peziarah dapat terus bersosialisasi untuk bertukar informasi meskipun dibatasi oleh bahasa lokal.

Jika Anda memiliki waktu luang, cobalah berkomunikasi dengan orang-orang di rumah. Anda bisa memberi berita tentang kesehatan, hambatan, atau sekadar bercerita agar keluarga tidak khawatir. Sebaliknya, keluarga atau teman di rumah kemungkinan besar akan memberi Anda dukungan moral untuk menyelesaikan ziarah yang berlangsung sekitar satu bulan.

Baca juga:

sumber

Loading...