Makanan Diet untuk Mendapatkan Sixpack

Posted on
Loading...

Makanan Diet untuk Mendapatkan Sixpack

diet-biar-sixpack-doktersehat

Setiap orang memiliki body goal yang berbeda-beda. Ada yang asal sehat dan tidak mengalami sakit sudah senang. Namun, tidak sedikit pula yang ingin mendapatkan bentuk badan yang ideal. Beberapa orang bahkan terobsesi ingin mendapatkan perut yang indah seperti muncul garis-garis dan otot yang definisinya terlihat dengan jelas.

Loading...

Sixpack tidak didapatkan dengan olahraga

Pernahkah Anda mendengar istilah: sixpack tidak dibangun di tempat gym, tapi di dapur. Ternyata ungkapan itu benar adanya. Kalau kita tidak mengatur apa yang dimakan oleh tubuh dengan baik, otot perut yang diinginkan oleh banyak orang itu tidak akan muncul. Dampaknya, keinginan mendapatkan sixpack jadi terganggu.

Anda tetap harus melakukan olahraga seperti angkat beban yang melatih seluruh tubuh. Namun, apa yang masuk ke dalam tubuh harus benar-benar diatur dengan baik. Kalau tidak bisa diatur dengan baik, Anda akan kesulitan sendiri dan memunculkan sixpack. Bahkan, kemungkinan otot itu tidak muncul akan besar.

Oleh karena itu menjalani diet yang tepat harus dilakukan setiap harinya. Anda wajib mengetahui apa yang masuk ke dalam mulut, mengatur kalori yang masuk, dan memaksimalkan jumlah makro nutrien. Jumlah yang masuk harus sesuai agar komposisi tubuh membaik dan kembali seperti semula.

Bagaimana memunculkan sixpack?

Memunculkan sixpack harus dilakukan dengan mengombinasikan dua hal, pertama adalah dengan melakukan olahraga dengan intens. Selanjutnya memperbaiki komposisi tubuh dengan menjalani diet yang seimbang. Anda bisa melakukan diet apa pun seperti ketogenic, intermittent fasting, hingga flexible dieting dengan memperhatikan macro dari makanan.

Olahraga yang dilakukan sebenarnya bebas. Namun, beberapa ahli menyarankan untuk berfokus pada satu titik saja. Anda tidak akan mendapatkan sixpack dengan melatih perut saja. Lebih baik melatih semua bagian tubuh yang merupakan otot besar seperti dada, punggung, dan kaki.

Untuk makanan, ada baiknya Anda memasaknya sendiri. Dengan memasak makanan sendiri, kemungkinan salah memasukkan bahan akan rendah. Selain itu, Anda juga tahu berapa saja kalori yang akan masuk ke tubuh dan bisa menimbangnya dengan akurat. Ya, Anda disarankan menimbang apa saja yang dimakan agar tepat.

Makanan yang harus dikonsumsi

Makanan yang harus dikonsumsi kalau Anda ingin mendapatkan perut yang sixpack ada banyak. Sebenarnya hampir semua bisa dimakan asal makro nutriennya tepat. Namun, beberapa makanan di bawah ini lebih disarankan untuk dikonsumsi.

  1. Buah dan sayur

Buah dan sayuran adalah sahabat berbagai jenis diet yang dilakukan untuk membentuk otot di perut. Buah dan sayuran memiliki dua fungsi. Pertama adalah mengganjal perut sehingga kita tidak akan mudah lapar karena kenyang lebih lama. Selain itu buah dan sayur juga cenderung rendah kalori, jadi makan agak banyak tidak masalah.

Sayuran dan buah mengandung cukup banyak serat baik itu serat yang larut maupun serat yang tidak. Serat yang tidak larut akan membantu Anda mengatasi sembelit. Selanjutnya serat larut akan melapisi usus sehingga penyerapan gula atau karbohidrat berlebihan tidak terjadi. Jadi, peluang surplus kalori akan rendah.

  1. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh atau whole grain banyak digunakan juga untuk diet karena memiliki cukup banyak manfaat. Selain serat yang sangat tinggi, mengonsumsi makanan ini juga akan membuat Anda mendapatkan cukup banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang jumlahnya cukup banyak.

Beberapa jenis biji bisa mencegah kita memiliki nafsu makan yang berlebihan. Selain itu energi di dalam tubuh jadi stabil sehingga komposisi jadi tidak mengalami gangguan. Beberapa jenis biji yang banyak digunakan adalah gandum, oat, barley, dan quinoa. Anda bisa memilih mana saja yang mudah diolah dan didapatkan.

  1. Kacang dan biji

Biji-bijian yang dimaksud pada pembahasan ini sedikit berbeda dengan yang sebelumnya. Pada pembahasan ini biji-bijiannya berupa chia seed, biji rami, dan biji bunga matahari, dan biji dari labu. Makanan ini mengandung cukup banyak lemak sehat, serat, dan tentu saja protein meski tidak terlalu banyak.

Jenis kacang-kacangan yang bermanfaat untuk melancarkan pembentukan perut sixpack terdiri dari almond, walnut, pistachio, dan pecan. Kacang tanah sebenarnya bisa dikonsumsi meski harus dibatasi agar tidak berlebihan dan menyuplai terlalu banyak kalori. Anda bisa memasukkan dua bahan makanan ini ke diet secara langsung dengan dicemil atau dibuat menjadi makanan tertentu.

  1. Ikan berlemak

Anda tidak perlu takut dengan kata lemak, pada jenis ikan yang banyak didapatkan dari laut. Lemak yang ada di luaran sana tidak semuanya berbahaya dan membuat kita kian gemuk. Justru lemak pada beberapa jenis ikan seperti salmon, tuna, dan sarden justru bermanfaat karena berjenis asam lemak omega-3.

Ikan berlemak juga mengandung banyak protein yang sangat sehat Rutin mengonsumsi ikan jenis ini akan membuat kesehatan otak meningkat, peredaran darah berjalan dengan lancar, dan peluang otot perut terlihat dengan jelas semakin tinggi. Oh ya, pastikan mengolah yang masih segar dan tidak sedang diawetkan.

  1. Teh hijau

Teh hijau sangat disarankan karena bisa membantu tubuh menurunkan lemak yang berlebihan. Selain itu, teh hijau juga mengandung banyak antioksidan yang membuat tubuh tidak mudah sakit.

Makanan yang harus dihindari

Segala jenis makanan boleh dimakan, asal kalori dan marko nutriennya sesuai. Namun, Anda disarankan untuk menghindari beberapa makanan di bawah ini.

  • Karbohidrat sederhana secara berlebihan.
  • Gula dan apa saja yang menambahkan pemanis.
  • Makanan yang terlalu asin dan banyak garam.
  • Makanan cepat saji dan gorengan.
  • Makanan kemasan yang berpengawet.

Inilah ulasan tentang diet yang harus dilakukan oleh siapa saja yang menginginkan tubuh indah dan memiliki sixpack. Dari pembahasan di atas terlihat dengan jelas kalau melakukan olahraga di area perut saja tidak akan cukup. Yang harus dilakukan adalah mengatur nutrisi yang masuk ke tubuh sehingga lemak di otot perut tereliminasi dan definisi ototnya terlihat dengan sempurna.

Lihat juga video : Makanan Diet untuk Mendapatkan Sixpack

 

 

sumber

Loading...