Mengapa Saat Suhu Dingin Kita Mudah Jatuh Sakit?

Posted on
Loading...

Mengapa Saat Suhu Dingin Kita Mudah Jatuh Sakit?

pilek-doktersehat
Photo Source: Flickr/niaid

DokterSehat.Com– Di beberapa daerah di Indonesia, hujan sudah mulai rutin turun hampir setiap hari. Hal ini membuat suhu udara cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan saat musim kemarau. Hanya saja, ada anggapan yang menyebut saat suhu dingin, kita akan cenderung lebih mudah jatuh sakit. Apakah anggapan ini memang benar?

Loading...

Kaitan Antara Suhu dengan Risiko Jatuh Sakit

Pakar kesehatan menyebut di musim hujan seperti sekarang ini, kita diminta untuk memperbanyak makanan sehat atau mengonsumsi suplemen. Tujuannya adalah agar kita tidak mudah jatuh sakit.

Ternyata, penyebab dari mudahnya kita jatuh sakit saat suhu udara cenderung lebih rendah atau musim hujan adalah cahaya matahari yang lebih jarang muncul karena tertutup oleh awan mendung. Hal ini akan membuat kita tidak mendapatkan asupan vitamin D dengan cukup. Padahal, vitamin D memiliki pengaruh sangat besar bagi sistem kekebalan tubuh. Jika sampai sistem imun melemah, maka kita tentu akan lebih mudah jatuh sakit.

Selain itu, saat suhu udara lebih dingin, beberapa jenis virus ternyata bisa menjadi lebih aktif. Salah satunya adalah virus rhinovirus yang bisa memicu pilek. Karena alasan ini pulalah kasus pilek cenderung meningkat tajam saat musim hujan.

Berdasarkan penelitian yang diunggah oleh National Center for Biotechnology Information (NCBI) dan dilakukan pada 2016 lalu, disebutkan bahwa suhu udara juga bisa memberikan pengaruh pada respons sistem imun tubuh kita. Dalam penelitian ini, ditemukan fakta bahwa suhu udara dan kelembapan yang lebih rendah dalam waktu tiga hari berturut-turut sudah mampu membuat rhinovirus memasuki tubuh dengan mudah.

Sementara itu, penelitian lain yang dilakukan di Tianjin University, Tiongkok, pada 2011 lalu juga membuktikan bahwa saat musim hujan atau suhu udara dingin, kita cenderung lebih memilih di dalam ruangan dan tidak sering bergerak. Hal ini bisa mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dengan signifikan dan akhirnya membuat kita lebih mudah jatuh sakit.

Tips Tidak Mudah Jatuh Sakit

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar tidak mudah jatuh sakit, khususnya saat suhu udara mulai semakin menurun.

Berikut adalah cara-cara tersebut.

  1. Memperbanyak Asupan Air Putih

Pakar kesehatan James Wallace, MD dari Bastyr Center for Natural Health, Seattle, Amerika Serikat menyebut banyak minum air putih bisa membantu kita mencegah datangnya penyakit. Hal ini disebabkan oleh berbagai bagian tubuh yang berfungsi dengan baik, termasuk selaput lendir di saluran pernapasan yang bisa mencegah datangnya pilek.

  1. Memperbanyak Asupan Makanan Sehat

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan jika tidak ingin jatuh sakit. Sayuran dengan daun hijau misalnya, tinggi kandungan vitamin yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan ini juga tinggi kandungan serat yang bisa mendukung kesehatan pencernaan yang terkait langsung dengan sistem imun tubuh.

Selain itu, jika kita rutin makan buah-buahan, akan mendapatkan nutrisi seperti antioksidan dan berbagai vitamin yang bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

  1. Tidur Cukup Setiap Malam

Tidur cukup setiap malam bisa membantu mencegah stres dan peradangan yang bisa memicu datangnya penyakit. Lakukan setidaknya 7 hingga 8 jam setiap hari.

  1. Lebih Aktif

Rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan sistem imun tubuh. Hal ini juga akan menurunkan stres.

  1. Menghindari Rokok dan Alkohol

Rokok dan Alkohol bisa menyebabkan datangnya peradangan di dalam tubuh dan menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa mendatangkan masalah kesehatan.

 

Sumber:

  1. Belliveau, Jeanette. 2018. Myth Busters: Does Cold Weather Make You Sick?. www.healthline.com/health/does-cold-weather-make-you-sick (Diakses pada 3 Desember 2019).

sumber

Loading...