Merasa Berhak Dapat Ganti Rugi Lahan, Ibu Paruh Baya di Padang Ngamuk di Pabrik Semen

Posted on
Loading...

Merasa Berhak Dapat Ganti Rugi Lahan, Ibu Paruh Baya di Padang Ngamuk di Pabrik Semen

PADANG, iNews.id – Wanita paruh baya bernama Lia Weking mengamuk dan histeris di dalam area pembuatan semen PT Semen Padang, di daerah Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, Jumat (14/2/2020) malam. Dia mengklaim memiliki tanah yang belum diganti oleh pengelola pabrik semen.

Loading...

Kedatangan Lia ke dalam area pabrik mengganggu operasional. Beberapa alat terpaksa berhenti dan karyawan di dalam pabrik harus keluar.

Beberapa polisi tampak membujuk agar Lia tidak berbuat keributan di dalam pabrik. Karena mengamuk selama beberapa menit, Lia diamankan oleh polisi.

Salah satu saudara Lia, Wati, mengatakan aksi tersebut merupakan buntut dari tak adanya realisasi dari pihak PT Semen Padang terkait tuntutan gati rugi tanah pusaka milik kaum suku Tanjung. Hingga bertahun-tahun pabrik beroperasi, Wati menyebut tidak ada ganti rugi.

“Ada tanah 7.000 meter persegi yang belum ganti rugi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Pengamanan Pabrik PT Semen Padang Rusmawi mengatakan semua tanah tempat operasional pabrik sudah mempunyai sertifikat yang jelas. Dia akan berkoordinasi dengan polisi agar kejadian itu tidak terulang karena bisa berbahaya.

“Ini kan tempat ada ketinggian, banyak mesin. Bisa berbahaya,” katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq

sumber

Loading...