Pangdam Udayana Minta Prajurit TNI Diberikan Edukasi tentang Virus Korona

Posted on
Loading...

Pangdam Udayana Minta Prajurit TNI Diberikan Edukasi tentang Virus Korona

DENPASAR, iNews.id – Pangdam IX Udayana Mayor Jenderal TNI Benny Susianto berharap prajurit TNI di Kodam Udayana mendapat edukasi tentang virus korona. Untuk mendapatkan edukasi itu, dia menggandeng Perhimpunan Ahli Mikrobiologi Klinik Indonesia (PAMKI) Bali.

Loading...

“Ini nanti juga di beberapa daerah, terutama Korem-Korem dan juga akan melakukan koordinasi dengan Dinkes masing-masing daerah untuk sosialisasi,” kata Benny di Denpasar, Senin (17/2/2020).

Dia, mengatakan sosialisasi itu penting untuk menangkal masuknya virus berbahaya dari China itu agar prajuritnya mengutamakan gaya hidup sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

“Sosialisasi ini ditujukan bagi prajurit TNI, edukasi terkait dengan virus corona ini dapat dikatakan dari ahlinya bahwa belum ada obat untuk menangkal kasus corona ini. Obatnya ya adalah daya tahan tubuh kuat yang dipengaruhi oleh gaya hidup kita atau cara hidup yang baik,” katanya.

Sementara itu, Ketua PAMKI Bali, dr. Ni Nyoman Sri Budayanti menjelaskan bahwa dilihat dari segi pervirusan, virus korona jenis baru dengan nama Covid-19 itu memiliki kesamaan dengan virus – virus lainnya.

“Angka kematiannya tidak seperti SARS, MERS yang lebih tinggi cuma yang ini kan baru ya pasti ramai sekali dan memang jenisnya harus dipelajari dulu,” katanya.

Ia mengatakan kematian akibat virus ini terlihat tinggi karena orang yang terkena jumlahnya juga tinggi. Secara ilmiah itu dapat dilihat dari persentasenya. Selain itu, menjadi menakutkan karena angka yang terkena itu tinggi.

“Virus ini kan belum ada di Indonesia jadi kita tidak banyak melakukan penelitian karena barangnya belum ada ya. PAMKI juga melakukan komunikasi dan kolaborasi dengan pusat untuk informasi perkembangan virus corona ini,” katanya.

Editor : Reza Yunanto

sumber

Loading...