Sehat Belum Tentu Bugar, Pakar Ungkap Perbedaannya

Posted on
Loading...

Warning: mysqli_query(): (HY000/3): Error writing file '/tmp/MY4mEem4' (Errcode: 28 - No space left on device) in /srv/users/serverpilot/apps/wanitatrendi/public/wp-includes/wp-db.php on line 2007

Sehat Belum Tentu Bugar, Pakar Ungkap Perbedaannya

JAKARTA, iNews.id – Banyak orang mencoba menjadi sehat, dari mengatur pola makan hingga berolahraga. Meskipun demikian, menjadi sehat tidak menjamin seseorang memiliki tubuh yang bugar.

Loading...

"Sehat dan bugar jelas berbeda," kata seorang spesialis kesehatan olahraga, Dr Michael Triangto, SpKO di Jakarta, baru-baru ini.

Michael mencontohkan, seseorang berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan, kondisi tubuhnya dinyatakan sehat, tetapi ketika harus naik dan turun tangga hanya untuk beberapa lantai, bernapas keras selama lebih dari 30 menit.

"Itu menunjukkan bahwa orang itu memang sehat, tetapi tidak bugar. Jika orang itu bugar, naik tangga lima atau enam lantai dan bernafas itu alami, tetapi lima atau enam menit kemudian itu harus dipulihkan," kata Michael.

Michael kemudian menjelaskan bahwa manusia harus memiliki kondisi yang tidak hanya sehat, tetapi juga bugar. Kesehatan kata Michael, berarti secara fisik, mental, dan sosial tidak memiliki keluhan penyakit atau gangguan. Sedangkan bugar berarti mampu melakukan aktivitas sehari-hari dan lebih dari itu tanpa kelelahan yang berlebihan.

Olahraga adalah salah satu kunci untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran. Untuk kesehatan, Michael menyarankan latihan aerobik. Tetapi harus diingat bahwa apa yang dimaksud dengan latihan aerobik berbeda dari latihan seperti latihan aerobik.

Yang dimaksud dengan latihan aerobik adalah olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang dengan gerakan berulang dalam waktu yang lama. Orang sering menyebutnya sebagai pelatihan kardio.

"Ini juga disebut pelatihan kardio karena dimaksudkan untuk melatih jantung dan paru-paru. Jadi tujuan akhir dari pelatihan kardio adalah untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh," kata Michael.

Contoh latihan aerobik atau kardio adalah jalan cepat, jogging ringan atau jogging, bersepeda, berenang, melompat-lompat hingga mendayung. Ketika latihan aerobik adalah untuk meningkatkan kesehatan, olahraga non-aerobik bertujuan untuk meningkatkan kebugaran tubuh.

"Latihan non-aerobik adalah intensitas yang berat, sedikit pengulangan gerakan dan waktu untuk melakukannya singkat. Misalnya semua olahraga yang menggunakan otot karena bertujuan melatih massa otot, sehingga tubuh bugar," kata Michael.

Contoh latihan non-aerobik adalah angkat berat, push up, sit up, lunges, squat, hingga papan.

Editor: Tuty Ocktaviany

sumber

Loading...