Sesendok Madu Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Posted on
Loading...

Warning: mysqli_query(): (HY000/3): Error writing file '/tmp/MYtrZjho' (Errcode: 28 - No space left on device) in /srv/users/serverpilot/apps/wanitatrendi/public/wp-includes/wp-db.php on line 2007

Sesendok Madu Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Minum satu sendok madu sebelum tidur bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Loading...

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Madu terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, kulit juga rambut. Namun tak hanya itu saja, para ahli menganjurkan mengonsumsi satu sendok madu sebelum tidur untuk mencegah perut mulas pada tengah malam.

Psikolog klinis dan spesialis tidur bersertifikat Michael J Breus mengatakan bahwa mengonsumsi satu sendok teh madu sekitar 30 menit sebelum tidur bisa membuat perut merasa kenyang sehingga tidur bisa lebih pulas.

“Ini juga sebenarnya bisa menjaga gula darah tetap stabil,” kata Breus seperti dikutip dari laman Mind Body Green pada Rabu (13/1).

Breus menjelaskan, gula darah yang melonjak naik menyebabkan seseorang terbangun di tengah malam karena perut mulas. Itu terjadi, karena darah akan mengirimkan pesan ke otak bahwa sudah waktunya untuk melepaskan kortisol.

Mungkin itu sebabnya biohacker profesional Dave Asprey, pendiri Bulletproof dan penulis Fast This Way, mengatakan bahwa satu atau dua sendok teh madu sebelum tidur dapat membuatnya tidur sepanjang malam.

Mengapa itu terjadi? Ketika energi tubuh menurun, misal setelah berpuasa, olahraga atau tidur nyenyak selama berjam-jam, otak akan memberikan sinyal kepada glikogen hati untuk mengeluarkan cadangan energi. Madu dengan jumlah fruktosa dan glukosa yang sama dapat membantu memulihkan glikogen hati, sehingga otak tidak akan mengirim sinyal itu. Dengan demikian, tidak ada rasa lapar yang membangunkan Anda di tengah malam.

Penelitian lain juga menemukan bahwa madu mengaktifkan hormon yang menekan nafsu makan dan menunda respons ghrelin tubuh, hormon rasa lapar. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa madu berkontribusi pada kualitas tidur.

sumber

Loading...