Studi: ‘Hormon Cinta’ Bantu Jaga Tulang Kuat Hingga Tua

Posted on
Loading...

Studi: ‘Hormon Cinta’ Bantu Jaga Tulang Kuat Hingga Tua

Seiring bertambahnya usia, penting untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Loading...

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Seiring bertambahnya usia, penting untuk melakukan banyak hal agar tulang tetap kuat dan sehat. Belum lagi, keropos tulang lebih sering terjadi pada wanita lanjut usia dibandingkan pria.

Pasalnya, wanita cenderung kehilangan massa tulang akibat penurunan estrogen selama bertahun-tahun menjelang menopause. Namun, ada beberapa cara utama untuk menghindari masalah seperti osteoporosis, artritis, dan nyeri dan nyeri tulang di usia tua.

Baru-baru ini, para ilmuwan mungkin menemukan satu strategi yang cukup menenangkan. Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Laporan Ilmiah, Peneliti dari São Paulo State University di Brazil menemukan oksitosin, umumnya dikenal sebagai "hormon cinta", dapat membantu mencegah atau mengobati osteoporosis pada wanita.

"Menerima hormon cinta menunjukkan peningkatan pembaruan tulang dan ekspresi protein yang mendukung pembentukan tulang dan mineralisasi," kata Menegati Dornelles, penulis utama studi tersebut. Pertama Untuk Wanita, Senin (3/1).

Studi ini memberikan beberapa informasi penting, terutama bagi wanita yang tiga hingga empat kali lebih mungkin mengalami patah tulang pinggul. Pada tahun-tahun setelah patah tulang, kemandirian dan mobilitas kita menderita dan itu juga meningkatkan risiko kematian kita.

Untungnya, ada banyak cara untuk meningkatkan kadar oksitosin secara alami. Oksitosin dikenal sebagai "hormon cinta" karena dilepaskan saat kita mengalami perasaan terikat. Ikatan pemicu hormon yang paling umum adalah antara orang tua dan bayi. Hormon cinta bisa dihidupkan saat berpelukan dengan pasangan, atau bahkan memeluk teman dan anggota keluarga.

Beberapa cara lain yang telah terbukti meningkatkan oksitosin, termasuk mendengarkan atau membuat musik Anda sendiri. Kemudian, aktivitas seperti yoga dan meditasi, membelai atau bermain dengan hewan peliharaan, berhubungan seks, dan memberi atau menerima pijatan.

sumber

Loading...