Susu Organik dan Susu Sapi Biasa, Lebih Sehat Mana?

Posted on
Loading...

Susu Organik dan Susu Sapi Biasa, Lebih Sehat Mana?

Seiring berkembangnya zaman, produk pangan organik kini mulai banyak dilirik oleh masyarakat berkat berbagai keunggulannya. Susu sapi organik, misalnya, yang diyakini bebas dari campuran bahan kimia. Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya, apa bedanya susu organik dan susu sapi biasa? Dan mana yang lebih sehat di antara keduanya? Jangan khawatir, saya akan menjawab pertanyaan tersebut melalui ulasan ini. 

Loading...

Apa itu susu organik?

minum susu saat sahur

Organik adalah sesuatu yang diproses, ditanam, atau dipelihara tanpa tambahan bahan kimia sintetis alias buatan. Dengan kata lain, sesuatu yang diproses secara organik bisa dipastikan memiliki kandungan yang alami dan bebas dari bahan tambahan lainnya. 

Begitu pula dengan susu sapi organik. Susu organik adalah susu yang dihasilkan dari sapi yang tidak diberi tambahan obat antibiotik, serta bebas dari hormon reproduksi dan pertumbuhan.

Dikatakan demikian karena sekitar 30 persen makanan yang diberikan untuk sapi penghasil susu organik tersebut, berupa rerumputan. Sedangkan sisanya, yakni sekitar 70 persen, makanan sapi tersebut harus bebas dari pupuk kimiawi, pestisida, maupun biji-bijian GMO. 

GMO atau genetically modified organism adalah produk pangan yang proses pengolahannya telah melalui rekayasa genetika. Konsumen biasanya tidak tahu betul gen apa saja yang ada di dalam produk pangan tersebut, serta tingkat keamanannya. Itulah salah satu hal yang membedakan susu sapi organik dan susu sapi biasa. 

Nah, bagi Anda para orangtua, tidak perlu ragu memberikan susu organik untuk anak. Pasalnya, meski susu organik berasal dari sapi yang bebas dari antibiotik dan hormon tambahan, kualitasnya tetap aman untuk diberikan pada anak. 

Apa perbedaan susu sapi biasa dan susu sapi organik?

susu UHT adalah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, susu sapi organik diproses tanpa tambahan antibiotik dan hormon reproduksi maupun pertumbuhan. Sementara pada susu sapi biasa, masih ada kemungkinan diberikan berbagai zat kimia tambahan.

Sebenarnya, proses produksi susu sapi organik dan susu sapi biasa bisa saja disamakan. Dalam arti, susu sapi biasa dapat diperah dan disterilkan dari bakteri atau kuman berbahaya dengan cara yang sama seperti susu sapi organik. 

Hanya saja, peternakan sapi organik memiliki aturan yang lebih ketat dari peternakan sapi biasa dalam hal pemeliharan, pemberian pakan, dan perawatan ternaknya. Ini karena produk susu sapi organik harus dijamin sealami mungkin.

Apa saja kandungan gizi yang ada di dalam susu organik?

bayi minum susu organik

Susu sapi organik mengandung asam lemak omega 3 dan asam linoleat konjugasi (conjugated linoleic acid atau CLA). Asam linoleat konjugasi atau CLA adalah bagian dari asam lemak omega 6, yang biasanya memang berasal dari produk pangan hewani, termasuk susu. 

Ketimbang susu sapi biasa, kandungan kedua asam lemak tersebut jauh lebih tinggi pada susu sapi organik. Bukan itu saja, susu organik juga kaya akan kandungan antioksidan serta vitamin dibandingkan dengan susu sapi biasa. 

Ditambah lagi, susu organik bebas dari kontaminasi berbagai bahan kimia. Mulai dari pupuk kimia, hormon buatan, pestisida, antibiotik, urea, hingga makanan hewan dari proses rekayasa genetik. Kesemua hal tersebutlah yang lagi-lagi membedakan susu organik dan susu sapi biasa. 

Apa manfaat minum susu organik?

manfaat susu organik untuk tulang anak

Karena diproses dengan prosedur sedemikian rupa dan mengandung berbagai zat gizi yang penting bagi tubuh, tentunya susu sapi organik memiliki berbagai manfaat, yakni:

1. Membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kandungan asam lemak omega 3 yang ada di dalam susu organik, dapat membantu menyeimbangkan rasio antara asam lemak omega 3 dan omega 6 di dalam tubuh. 

Keseimbangan jumlah asam lemak omega 3 dan omega 6 ini penting untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. 

2. Menunjang berbagai fungsi tubuh

Asam linoleat konjugasi yang banyak terdapat dalam susu organik juga berperan dalam berbagai fungsi tubuh. 

Meliputi meningkatkan laju metabolisme, memperkuat sistem imun, memperkuat otot, serta membantu menurunkan kadar lemak perut, kolesterol, dan risiko munculnya reaksi alergi. 

3. Menyumbang sejumlah antioksidan

Menariknya lagi, perbedaan susu organik dan susu sapi biasa juga ada pada jumlah kandungan antioksidannya. Ternyata, susu organik memiliki kandungan antioksidan, yakni lutein dan zeaxanthin, sekitar 2-3 kali lebih tinggi ketimbang susu sapi biasa. 

Lutein berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, sekaligus mencegah timbulnya penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula. Sementara zeaxanthin bertugas sebagai pelindung mata dari kerusakan yang bisa diakibatkan oleh sinar ultraviolet (UV) dan radikal bebas. 

Itu sebabnya, zeaxanthin dapat membantu menurunkan risiko seseorang mengalami penyakit mata seperti katarak, glaukoma, degenerasi makula, dan retinopati diabetes. 

4. Sumber vitamin A dan E yang baik

Jumlah kandungan vitamin A dan vitamin E pada susu organik dan susu sapi biasa juga berbeda. Susu sapi organik memiliki kandungan vitamin A dan E yang lebih tinggi, karena dihasilkan dari sapi berkualitas yang diberi makan rumput organik. 

Secara lebih rincinya, susu organik mengandung lebih banyak vitamin E hingga mencapai 50 persen, dan 75 persen beta- karoten ketimbang susu sapi biasa. Beta- karoten adalah zat yang akan diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. 

Di dalam tubuh, vitamin E bertugas untuk melindungi sel-sel tubuh dari serangan radikal bebas yang bisa memicu dan berbagai penyakit. Contohnya penyakit jantung, diabetes, dan katarak. 

Sedangkan vitamin A berperan dalam menjaga kesehatan mata, kulit, sistem reproduksi, gen, memperkuat sistem imun tubuh dari infeksi, hingga menunjang pertumbuhan tulang dan gigi. 

Karena berbagai kandungan dan manfaat itulah susu organik bisa menjadi solusi hidup lebih sehat dan alami. Agar dapat merasakan manfaatnya secara optimal, biasakan minum susu sapi organik secara rutin tiap hari. 

sumber

Loading...