Tertelan 8 Tahun Lalu, Tulang Ikan Bisa Menyangkut di Liver

Posted on
Loading...

Tertelan 8 Tahun Lalu, Tulang Ikan Bisa Menyangkut di Liver

Tulang ikan yang tertelan 8 tahun lalu menusuk liver seorang perempuan di Cina.

Loading...

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tulang ikan yang sudah bertahun silam tertelan ternyata tidak pernah keluar dari tubuh seorang perempuan di Cina. Ia pun menderita nyeri yang tak jelas di perutnya.

Perempuan yang tak disebutkan identitasnya itu sudah memeriksakan diri ke beberapa dokter. Setelah konsultasi, dia hanya dianjurkan untuk menyantap makanan yang lebih bernutrisi.

Padahal, perempuan itu mengeluhkan adanya rasa sakit yang tajam di perutnya. Menurut dia, rasanya seperti tertusuk jarum.

“Yang bisa saya katakan kepada para dokter di sana adalah rasanya ada sesuatu yang menusuk perut saya,” kata perempuan itu.

Tak puas dengan saran dokter-dokter sebelumnya, ia lantas mendatangi RS Nanchang University. Dokter yang menanganinya, yakni Dr Zhu Guomin, merekomendasikannya untuk menjalani serangkaian pemindaian.

Dari situ, Guomin melihat bahwa ada pecahan tulang ikan yang menancap di liver pasiennya. Setelah melihat riwayat perempuan itu, ia mengatakan bahwa tulang ikan itu adalah tulang ikan yang sama yang tidak sengaja ia telan delapan tahun lalu.

“Saat memeriksa hasil pemindaiannya, saya menemukan bahwa peradangan di hatinya disebabkan oleh tulang ikan,” kata Guomin.

Menurut Guomin, tulang ikan itu bentuknya sangat tajam dan tidak bisa dicerna. Tulang ikan itu dapat menembus lapisan perut seseorang setelah ditelan.

Guomin menjelaskan, tulang ikan terus bergeser karena gerakan otot-ototnya dan dibawa oleh pembuluh darah ke hatinya. Ia mengatakan, pasiennya sangat beruntung, karena tulang ikan bisa saja menjalar ke jantungnya yang tentu saja sangat berbahaya.

Setelah tulang ikan dikeluarkan melalui bedah kecil, kondisi perempuan itu dilaporkan telah memperlihatkan sejumlah perbaikan. Sejatinya, ini bukan kasus pertama yang melibatkan rasa sakit akibat tertelan suatu benda.

Dalam laporan kasus BMC 2012 tercatat ada seorang perempuan berusia 45 tahun yang mendatangi ruang gawat darurat dengan keluhan sakit perut. Ia kehilangan nafsu makan, tekanan darahnya rendah, dan fisiknya melemah dan semakin memburuk selama beberapa bulan.

Hasil pemindaian mengungkapkan, ada benda yang panjang dan tipis tertancap di hatinya. Itu ditemukan oleh ahli bedah. Setelah dikeluarkan, ternyata itu adalah tusuk gigi.

sumber

Loading...